Info Teknologi

Bronesia 1 Berkiprah di Kancah Internasional

Tim peneliti serat dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Badan Litbang Pertanian menggelar diseminasi hilirisasi paket teknologi budi daya dan pengolahan hasil kapas untuk mendukung industri tenun tradisional. Paket teknologi yang dihilirisasikan adalah teknologi budi daya kapas varietas Bronesia 1, sedang paket pengolahan hasil kapas yaitu alat pemisah serat tipe gergaji (SG TAS-2).

Selengkapnya

Setelah Gunakan BPRL Kenaikan Produktivitas Capai 11 Ton

Teknologi Inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yakni Budidaya Padi Ramah Lingkungan (BPRL) yang diaplikasikan pada demfarm Poktan Sri Rejeki, Desa Jaya Laksana, Kecamatan Bunder, Kabupaten Indramayu, memberikan dampak yang signifikan yakni kenaikan produktivitas dengan hasil panen mencapai 11 ton GKP dari sebelumnya 4 – 7 ton GKP.

Selengkapnya

Varietas Inpari, Berkontribusi dalam Meningkatkan Produksi Padi

Dalam perkembangannya, kini beberapa varietas Inpari telah ditanam luas oleh petani seperti Inpari 30, Inpari 32, Inpari 33 dan Inpari 42.  Data terakhir tahun 2020 menunjukkan luas tanam Ciherang telah berkurang menjadi sekitar 29%.

Selengkapnya

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Beternak Domba

Beternak domba sebagai pola usaha terbagi menjadi tiga yakni penggemukan, pembibitan, serta kombinasi antara penggemukan dan pembibitan. Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Wisri Puastuti pada bimbingan teknis Budidaya Domba menambahkan bahwa ternak domba mampu tumbuh dan berkembang serta berproduksi pada berbagai kondisi agroekosistem pemeliharaan.

Selengkapnya

Bangun Aplikasi Sibibit untuk Data Sebaran Ternak

Sibibit dibuat berbasis web, artinya dapat dibuka dan diakses dari berbagai perangkat, seperti HP, laptop, tablet, komputer, dan lain sebagainya. Cara kerja aplikasi ini adalah mengumpulkan data – data yang tersebar di berbagai tempat (UPT dan BPTP). Data diinput oleh UPT dan BPTP secara berkala yang mana waktu penginputan sebaran disesuaikan dengan kesepakatan.

Selengkapnya

Kuasai Pengelolaan Air, Kunci Sukses Budidaya di Lahan Rawa

Rawa identik dengan air dan tanah yang cepat berubah, karena itu pengelolaan air pada lahan rawa merupakan hal yang penting. Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Khairil Anwar menerangkan bahwa pengelolaan yang baik mampu meminimalkan penurunan kualitas tanah sekaligus meningkatkan produktivitas dan indeks pertanaman (IP) padi, sehingga mampu mendukung program pemerintah dalam pengembangan lahan rawa yang berkelanjutan.

Selengkapnya