Info Teknologi

PATBO SUPER Untuk Peningkatan Produktivitas Sawah Tadah Hujan

PATBO adalah Padi Aerob Terkendali berbasis Bahan Organik. PATBO SUPER adalah paket teknologi budidaya padi dengan basis utama manajemen air, dan penggunaan bahan organik untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan peningkatan produktivitas padi sawah tadah hujan.

Selengkapnya

Galur Harapan Kacang Tanah Berkadar Lemak atau Protein Tinggi

Satu dari empat target pembangunan pertanian adalah peningkatan diversifikasi pangan. Komoditas kacang tanah sangat sesuai untuk mendukung program tersebut karena potensial menjadi sumber gizi yang kaya lemak, protein, dan karbohidrat. Pada setiap 100 g biji kacang tanah mengandung 452 kkal energi, 43 g lemak, 25 g protein, 21 g hidrat arang, 58 mg kalsium, 335 mg fosfor, 1,3 mg besi, 0,3 mg vitamin B, 3 mg vitamin C dan 4 g air.

Selengkapnya

Jeruk Daysindo Agrihorti, Rasa Manis, Oranye dengan Daya Simpan Lama

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi bagi kesehatan. Antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel akibat molekul radikal bebas. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan salah satunya jeruk dapat memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap bahaya kanker.

Selengkapnya

Cymbidium Himucoda Agrihorti, Anggrek Kuning Kehijauan Corak Merah Kecokelatan

Anggrek merupakan jenis tanaman hias yang digemari konsumen. Cymbidium merupakan satu jenis anggrek yang cukup populis selain anggrek bulan dan Paphiopedilum. Anggrek ini kerap ditanam di luar ruangan karena memang membutuhkan banyak cahaya untuk menghasilkan bunga mekar lebih lama.

Selengkapnya

Jagung JH 33 dan JH 34 Solusi Langkanya Pupuk Nitrogen

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitserealia) melepas dua varietas jagung yang mampu tumbuh baik walaupun kurang pemupukan N (Nitrogen). Kedua varietas jagung hibrida tersebut adalah JH 33 dan JH 34 yang dilepas melalui sidang Pelepasan Varietas Tanaman Pangan yang diselenggarakan oleh Direktorat Perbenihan, Ditjen Tanaman Pangan di Bogor, Jumat (10/12/2021).

Selengkapnya

Bloat, Penyakit Kembung pada Kambing

Drh. Lu’ulul Amna, M. Biomed. peneliti di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan (BPTP Sulsel) menyampaikan bahwa, bloat atau kembung merupakan bentuk penyakit / kelainan alat pencernaan yang bersifat akut, yang disertai penimbunan gas di dalam lambung ternak ruminansia.

Selengkapnya