Alat & Mesin » Pompa Sentrifugal Tipe Apung

Komoditas:Pangan dan Hortikultura
Tahun:2018
Spesifikasi:

Alat tanam ini mempunyai dimensi : 950 x 600 x 480 mm, dengan bobot 45 Kg.  Pompa ini menggunakan  penggerak motor bakar 4 tak, poros vertical, dengan daya 4,1 (5,5) kW (HP), dengan putaran 3600 rpm. BBM yang digunakan adalah bensin, dengan konsumsi BBM (max) 0,8 liter/jam. Kapasitas hisap pompa ini mencapai 1200 liter/jam, dengan diameter outlet 2,5 inchi. Sistem pengoperasian dengan cara diletakkan di atas air, dengan maksimum head 16 meter, tipe impeller sentrifugal serta jumlah sudu impeller ada 3.

Kegunaan:

Alat ini berfungsi untuk meningkatkan daya tekan pada air sehingga dapat mengalir ke lahan yang akan diairi. Perbedaan dengn pompa irigasi biasa adalah dalam mekanisme kerja pompa apung, dimana pompa beroperasi diatas air, itulah sebabnya pompa ini disebut dengan pompa apung. Pompa memiliki kelebihan,yaiitu mobilitas tinggi, pompa secara keseluruhan hanya 45 kg sehingga memudahkan petani untuk mengangkut dan memindahkannya, konstruksi pompa yang ringkas memudahkan dalam pengangkutanh. Pompa ini juga dilengkapi dengan tali yang berada di empat sisi pelampung, hal ini digunakan pada saat pengangkutan maupun mengikat pompa ketika beroperasi di atas air, sehingga pompa tidak berpindah pindah. Konstruksi pelampung (ponton) didesain khusus dengan memasukkan foam/busa padat di dalamnya, sehingga apabila ponton pecah ataupun rusak akibat benturan, unit pompa akan tetap terapung di permukaan air. Untuk memastikan pompa tidak bergeser maka pada ponton terdapat lubang untuk menancapkan pasak berupa kayu atau bambu.

Keunggulan:

Pompa memiliki kelebihan,yaiitu mobilitas tinggi, pompa secara keseluruhan hanya 45 kg sehingga memudahkan petani untuk mengangkut dan memindahkannya, konstruksi pompa yang ringkas memudahkan dalam pengangkutan. Pompa ini juga dilengkapi dengan tali yang berada di empat sisi pelampung, hal ini digunakan pada saat pengangkutan maupun mengikat pompa ketika beroperasi di atas air, sehingga pompa tidak berpindah pindah. 

Status:Siap Ditawarkan
Kontak:Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian