Alat & Mesin » Smart Green House

Komoditas:Hortikultura
Tahun:2018
Spesifikasi:

Smart greenhouse memiliki ukuran panjang 13.500 mm, lebar 800 mm dan tinggi 5.700 mm. Konstruksi smart greenhouse memiliki dua ruang yaitu ruang tanam dan ruang antara (ruang kontrol). Ruang antara dibangun untuk menghindari kontak langsung ruang tanam dengan lingkungan luar. Diantara ruang antara dengan ruang tanam disekat dengan tirai silikon. Ruang antara digunakan untuk penempatan perangkat keras pengendalian terpusat dan untuk persiapan sehingga personel yang akan masuk keruang tanam tersterilisasikan terlebih dahulu. 

Untuk menjamin fungsi otomasi dilengkapi dengan sensor suhu, kelembaban, dan kebutuhan pencahayaan matahari yang ditempatkan pada tempat yang mewakili kondisi mikro-klimat rata-rata sehingga input dari sensor memberikan data lingkungan yang akan diatur oleh setiap aktuator (exhaust fan, blower, misting, dan shading net). 

Pembuatan program smart green house berdasarkan mekanisme dari seluruh sistem smart green house yang diinginkan, mulai dari pengaturan kelembaban udara, pengaturan suhu ruang dan pengaturan pencahayaan yang kemudian dilanjutkan pada server untuk diteruskan kepada pengguna melalui gadget (handphone). Pengguna bisa mengatur suhu, kelembaban dan pencahayaan yang ada di smart green house hanya dengan menggunakan aplikasi yang ada di gadget.

Kegunaan:

Smart Green House berfungsi untuk budidaya hortikultura dengan system hidroponik dalam greenhouse terkontrol dengan tujuan produktivitas optimal. Keunggulan teknologi adalah dapat dikendalikan secara otomatis berdasarkan sensor dan berbasis android.

Keunggulan:

Keunggulan teknologi adalah dapat dikendalikan secara otomatis berdasarkan sensor dan berbasis android.

Status:Siap Ditawarkan
Kontak:Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian