Info Teknologi

Penanganan Tepat, Telur Tahan Sampai 40 Hari

Upaya pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat dapat dilakukan dengan konsumsi telur ayam. Telur ayam memiliki kandungan gizi tinggi, terjangkau dan secara umum disukai masyarakat. Namun, telur memiliki umur simpan yang singkat, sehingga pengaturan pasokan sulit dilakukan, dan fluktuasi harga sulit dicegah.

Selengkapnya

Beras Stunting: Inpari IR Nutri Zinc Balitbangtan Siap Menutrisi Papua

Lebih dari seperempat anak di bawah usia lima tahun (balita) terhambat pertumbuhannya akibat kekerdilan (stunting). Ini menyebabkan konsekuensi buruk bagi penderita sepanjang hidupnya, bahkan tak jarang yang mengalami resiko kematian. 

Selengkapnya

Papaya Ringspot Virus (PRSV) Penyakit Bercak Cincin Pada Tanaman Pepaya

Pepaya (Carica papaya L.) merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pepaya merupakan buah-buahan khas daerah tropis. Asal buah ini berasal dari Amerika Tengah, kemudian menyebar ke berbagai belahan bumi lainnya. Produktivitas pepaya sangat dipengaruhi oleh faktor alam, termasuk gangguan hama dan penyakit tanaman.

Selengkapnya

Menangkap Peluang Pasar Ekspor Komoditas Kacang Hijau

Kacang hijau dengan warna biji hijau kusam sangat diminati oleh pasar ekspor, varietas Vima 1 adalah salah satu varietas yang diminati oleh pasar.

Selengkapnya

Peningkatan Produktivitas Ayam Kampung Melalui Teknologi In Ovo Feeding

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengembangkan formula bahan In Ovo Fedding yang dapat menggantikan peran antibiotic. In ovo feeding adalah metode menyuntikkan nutrien berupa cairan ke dalam amnion embrio pada umur 18 hari inkubasi (penetasan) yang menyebabkan embrio tersebut secara alami mengkonsumsi nutrien tersebut secara oral sebelum menetas.

Selengkapnya

Traktor Perahu Solusi Tepat Pengolahan Lahan Rawa

Traktor perahu mampu mengolah tanah dengan konsep traktor roda dua tetapi mengapung seperti perahu. Traktor ini mempunyai dua buah roda karet untuk transportasi darat dan dua unit roda besi untuk bekerja di sawah, transmisi berupa sabuk (belt) dan puli (pulley) dengan rangka dan badan traktor seperti perahu.

Selengkapnya